Berita Jogja uny

Published on September 17th, 2015 | by Redaksi

UNY Kembangkan Software Anti Plagiarisme Karya Ilmiah

Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah melakukan trial software anti plagiarisme untuk mendeteksi adanya penjiplakan. Untuk lebih mengenalkan softweare tersebut, pengelola UNY mengadakan workshop anti plagiarisme.

Advertisement
Advertisement

Seperti dikutip laman www.uny.ac.id, Selasa (16/9), kegiatan ini diadakan dua kali yaitu untuk kalangan dosen dan pengelola serta untuk mahasiswa. Secara resmi workshop dibuka oleh Rektor UNY, Prof. Rochmat Wahab.

Dalam sambutannya, rektor mengemukakan sudah saatnya UNY melakukan deteksi dini terhadap plagiat. Terlebih saat ini telah banyak lahir karya-karya yang mirip ataupun serupa.

Plagiarisme, kata Prof. Rochmat, adalah penjiplakan atau pengakuan atas karya orang lain oleh seseorang yang menjadikan karya tersebut sebagai karya ciptaannya. Plagiarisme adalah pencurian dan harus dicegah.

Advertisement

Workshop dipandu oleh Instruktur program pascasarjana UNY, Dwi Agus Yuliantoro dan Ashadi. Peserta diajak untuk login ke dalam sistem Turnitin (nama tols) memakai akun email yang sudah didaftarkan oleh instruktur.

Selanjutnya dipandu untuk membuat Class, Assignment, hingga Submission. Langkah demi langkah ditempuh oleh peserta. Harapannya peserta dapat melakukan upload dokumen karya tulis mereka dan Turnitin mampu menerima dan membandingkan/scaning ke database di seluruh dunia. Sebagian besar telah berhasil sampai proses submission sehingga dapat mengetahui persentase plagiasi dalam karya tulis mereka.

Sumber : harianjogja.com 
Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2