Pendaftaran uang kuliah tunggal

Published on March 1st, 2016 | by Redaksi

Uang Kuliah Tunggal UGM dan Biaya Kuliah

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu PTN favorit di Indonesia. Banyak calon mahasiswa yang bermimpi bisa menjadi salah satu bagian dari Civitas Akademika UGM. Karenanya, persingan masuk di UGM sangat tinggi.

Advertisement
Advertisement

Nah, berapa biaya kuliah di UGM? Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang bergengsi, UGM selalu menampilkan jumlah biaya pendidikan sehingga dapat diketahui oleh umum.

Sebelum menentukan untuk masuk ke perguruan tinggi mana serta fakultas/program studi apa, berikut kami tuliskan informasi mengenai uang kuliah tunggal dan biaya kuliah UGM. Harapannya segala hal tentang biaya kuliah dan kebutuhan lainnya bisa kalian persiapkan dengan baik.

Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Dari beberapa info seputar biaya kuliah UGM, dapat disimpulkan, bawah saat ini UGM menggunakan sistem Uang Kuliah Tunggal UGM (UKT UGM) untuk pembayaran semester.  UKT adalah biaya kuliah yang ditanggung oleh tiap mahasiswa tergantung dari kemampuan ekonomi keluarganya. Uang Kuliah Tunggal (UKT) dibayarkan oleh mahasiswa di tiap awal semester.

Advertisement

Kategori jumlah Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi tiap mahasiswa ditentukan berdasarkan jumlah total penghasilan kotor orang tua (ayah dan ibu) ditambah penghasilan tambahan orang tua (jika ada). Kriterianya sebagai berikut:

Kelompok Kriteria penghasilan
(penghasilan kotor+penghasilan tambahan)
UKT 0 Peserta Bidikmisi
UKT 1 Penghasilan ≤ 500.000
UKT 2 500.000 < Penghasilan ≤ 2.000.000
UKT 3 2.000.000 < Penghasilan ≤ 3.500.000
UKT 4 3.500.000 < Penghasilan ≤ 5.000.000
UKT 5 5.000.000 < Penghasilan ≤ 10.000.000
UKT 6 Penghasilan > 10.000.000

Besaran UKT Program Sarjana yang dihimpun dari situs UGM adalah sebagai berikut:

1. UKT Katagori Kelompok I UGM

Apabila penghasilan orang tua masuk pada katagori UKT kelompok ini, maka kalian akan dikenakan biaya kuliah sekitar 500 rb sampai dengan 700 rb tiap semester. Peraturan ini berlaku untuk semua jurusan reguler di UGM, baik itu dari kedokteran atau jurusan lain seperti pertanian, hukum, filsafat, dan sebagainya.

2. UKT Katagori Kelompok II UGM

Apabila penghasilan orang tua kalian masuk pada katagori UKT kelompok ini, kalian akan dikenakan biaya kuliah sekitar 1 juta tiap semester. Biaya ini berlaku untuk semua jurusan reguler di UGM, baik itu dari teknik atau jurusan lain seperti farmasi, biologi, fisipol, dan sebagainya.

3. UKT Katagori Kelompok III UGM

Pada katagori ini, biaya yang akan dikenakan setelah kalian masuk kuliah cukup tinggi. Biaya yang dibayarkan kisarannya antara 4 juta sampai 5 juta tiap semester. Kategori ini dikenakan pada mahasiswa dengan katagori penghasilan orang tua yang tergolong mampu, menengah keatas.

4. UKT Katagori Kelompok IV UGM

Dalam kelompok ini, kalian bisa menjadi salah satu mahasiswa yang membayar cukup untuk kuliah di UGM. Bisa dibilang, kalian membantu UGM dalam menanggung biaya pendidikan. Pada katagori ini, kalian akan dikenakan biaya sekitar 6 -7 juta pada tiap semester. Jumlah ini termasuk besar, namun bagi orang tua dengan penghasilan tinggi, hal ini tidak begitu memberatkan.

5. UKT Katagori Kelompok V UGM

Nah kalau yang satu ini jika anda adalah salah satu anak dari orang kaya dengan katagori kelompok V akan dikenakan biaya kuliah jauh lebih besar dari kelompok lainnya mencapai 1 sampai dua juta selisih jika dituliskan angkanya sekitar 7-8 juta, kemungkinan besar ini tidak memberatkan kalau penghasilan orang tua sampai pulihan juta per bulan.

6. UKT Katagori Kelompok VI UGM

Kategori UKT ini merupakan besaran UKT tertinggi dikelasnya. Apabila ayah dan ibu kalian memiliki penghasilan sebagaimana yang disebutkan di dokumen atas, berarti kalian harus membayar besaran biaya kuliah tiap semester antara 9 sampai 12 juta. Ini berlaku untuk semua program studi. Namun hal ini hanya berlaku untuk mahasiswa reguler saja.

Patokan penentuan jumlah biaya UKT biasanya tergantung jalur masuk yang kalian pilih. Karena patokan itu akan menentukan kelanjut dari biaya yang dibayar selama studi kalian, karena harus dipikirkan dulu.

Namun, sebetulnya sistim UKT ini berpihak pada mereka yang kurang mampu, supaya mereka tetap bisa tetap kuliah dengan biaya terjangkau.

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags: , , ,


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2