Berita Jogja upah-rendah

Published on January 10th, 2017 | by Redaksi

Soal Upah Rendah di Jogja, Para Buruh Gugat Sri Sultan HB X

Terlebih, pada awal Januari 2017 sudah dipastikan subsidi pengguna listrik berdaya 450 watt dan 900 watt akan dihapus. Tentu kenaikan UMK yang hanya 8,25 persen tidak akan memiliki dampak apa pun untuk kehidupan buruh. Serta, pengeluaran untuk listrik juga naik.

Advertisement
Advertisement

Artinya, kenaikan UMK 8,25 persen tidak untuk memenuhi standar kehidupan layak sehingga menjadi alasan para penggugat menolak keputusan gubernur.

Buruh pun dalam gugatan itu meminta Surat Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 235/KEP/2016 tentang Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota dinyatakan batal atau tidak sah.

“(PTUN) agar memerintahkan kepada TERGUGAT (Gubernur Yogyakarta) mencabut Surat Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 235/KEP/2016 tentang Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota,” ujar materi gugatan yang ditandatangani kuasa hukum buruh Nelson A.P. Panjaitan dan sejumlah advokat LBH Sikap itu.

Advertisement

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Yogyakarta Andung Prihadi menuturkan Pemda Yogyakarta sudah menerima draf surat LBH Sikap yang menjadi kuasa hukum buruh.

“Masih berupa draf karena ada item-item yang belum lengkap dalam draf itu,” ujar Andung. Dia menegaskan, pada prinsipnya, jika nanti memang digugat di PTUN, tentu Pemda Yogyakarta akan menindaklanjuti sesuai dengan proses hukum yang berlaku.

“Saat ini telah diadakan persiapan teknisnya di Biro Hukum Pemda Yogyakarta,” ujar Andung. Dia menambahkan, Pemda Yogyakarta sangat siap menghadapi gugatan buruh itu.

“Sebab, sebagai obyek PTUN, maka Pemda Yogyakarta telah menyiapkan dokumen-dokumen terkait dengan materi gugatan,” ujarnya.

Andung menambahkan, Pemda Yogyakarta juga tidak akan merevisi UMK lagi sesuai dengan gugatan buruh karena memang sebagai pelaksana undang-undang pemda sudah bertindak sesuai dengan prosedur, dasar hukum, dan peraturan yang berlaku

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:

Pages: 1 2


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2