Komunitas Rampoe UGM di Festival Ratouh Jaroe Nusantara 2015

Published on January 18th, 2016 | by Redaksi

Seni Tari dan Musik Aceh, Rampoe UGM Punya

Rampoe (dibaca: rampo) Universitas Gadjah Mada telah terbentuk sejak 28 Desember 2009 oleh beberapa mahasiswa jurusan Sastra Asia Barat angkatan 2008 dan 2009.

Advertisement
Advertisement

Sejak berada di bawah naungan Departemen Minat dan Bakat Ikatan Mahasiswa Sastra Asia Barat (IMABA) hingga menjadi sebuah Badan Semi Otonom (BSO) resmi milik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, Rampoe UGM telah menggelar berbagai macam pertunjukan seni tari Aceh di wilayah regional, nasional, bahkan internasional.

Selain itu, keanggotan Rampoe UGM telah mencapai lebih dari 300 anggota aktif baik dari dalam kampus maupun luar kampus, diantaranya ada UII, UIN SUKA, UMY, UAD, UPN, UPY, UTY, UNY, Akper Notokusumo, dan lain-lain.

Sesuai dengan namanya yang diambil dari bahasa Aceh yaitu “Rampoe” yang berarti “beraneka ragam”, Rampoe UGM mengajarkan dan menampilkan berbagai macam seni tari dan seni musik tradisional khas Aceh baik yang tradisi maupun yang kreasi seperti Tari Likok Pulo, Tari Rateb Meusekat, Tari Ratoeh Duek, Tari Rapa’i Geleng, Tari Tarek Pukat, dsb. Semantara untuk alat musik tradisional ada Serune Kalee, Jinbe, Geundrang, dan Rapa’i.

Advertisement

Kesemuanya diajarkan setiap seminggu sekali di kampus Universitas Gadjah Mada (biasanya di gedung Pelataran Sastra Fakultas Ilmu Budaya UGM) dan Pendopo Royal Ambarrukmo Plaza oleh pelatih dari Aceh dan beberapa anggota Rampoe UGM yang telah dipilih koordinator. Latihan berlangsung sesuai tingkatan tarian dan terpisah antara putra dan putri.

Rampoe UGM juga memiliki program Rampoe Mengajar. Biasanya Rampoe UGM mengirimkan beberapa anggota untuk melatih di sanggar dan sekolah tertentu sesuai dengan undangan dan permintaan.

Untuk mengakrabkan dan menjalin silaturrahmi antar anggota keluarga, Rampoe UGM punya acara keakraban yang biasa disebut SALEUM akronim dari Silaturrahmi dan Malam Keakraban Rampoe UGM. Digelar setiap satu tahun sekali.

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags: ,

Pages: 1 2


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2