SNMPTN SBMPTN snmptn-2015

Published on February 6th, 2015 | by Redaksi

Rahasia PTN Loloskan Peserta SNMPTN 2015

b. UGM dan universitas favorit lainnya tidak mau jadi pilihan kedua. Kenyataannya: Ada lho siswa yang pilihan pertama Arsitek ITB, pilihan keduanya arsitek UI pada SNMPTN Undangan tahun 2011, dan dia ketrima undangan di arsitek UI. Bahkan ada siswa yang diterima masuk UI di pilihan ketiga tiga tahun yang lalu.

Advertisement
Advertisement

c. Mitos satu sekolah: “Dalam satu sekolah kalau bisa pilihan jurusannya beda, supaya peluang masuknya besar.” Kalau temen-temen tahu, ada sekitar 40 orang anak SMA 8 Jakarta masuk kedokteran umum UI tiap tahunnya.

Banyak lho teman satu kelas yang ketrima jalur tanpa tes di jurusan dan universitas yang sama. Anak SMA 3 Yogyakarta yang masuk UGM tanpa tes diatas 100 orang tiap tahunnya (Jurusan/fakultas favorit di UGM kan nggak sampe 100).

Sayangnya, mitos ini banyak disarankan oleh guru sekolah yang seharusnya membantu siswa memilih jurusan sesuai potensi mereka, bukannya menjerumuskan siswa ke jurusan yang tidak dia kehendaki. Nanti kalau prestasi mereka jelek di kampus kan sekolah juga yang rugi. 

Advertisement

3. Perhatikan cluster jurusan

Dari dua pilihan jurusan yang disediakan, sebaiknya kamu memilih cluster jurusan yang sama. Kalau teknik ya teknik semua, kalau agro ya agro semua, kalau sosial ya sosial semua. Misalnya, kamu jangan memilih pilihan I: Kedokteran Umum, Pilihan II: Teknik Sipil. Nanti universitasnya akan menganggap kamu cuma coba-coba saja, karena tidak jelas kamu maunya apa.

Tujuan mendaftar SNMPTN 2015 itu kamu pengen jadi apa, cita-cita kamu apa. Nah bagusnya, pilihlah jurusan yang masih “satu jenis”.

Misalnya: untuk UGM, pilihan I Teknik Geodesi UGM, Pilihan II: Kartografi dan Penginderaan Jauh UGM. Walaupun beda fakultas, kedua jurusan tadi kan cuma beda tipis. Dengan demikian, universitas bisa “membaca” kamu pengennya jadi apa.

Download kumpulan soal SBMPTN 2008-2015 (di sini)

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:

Pages: 1 2


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2