SNMPTN SBMPTN snmptn-2015

Published on February 6th, 2015 | by Redaksi

Rahasia PTN Loloskan Peserta SNMPTN 2015

Tips ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin memasuki PTN melalui Jalur SNMPTN 2015 (tanpa tes). Mungkin kamu juga sudah membaca tips dan pengalaman lolos SNMPTN 2015 dari berbagai sumber, tapi penting juga untuk tahu apa alasan PTN memoloskan peserta SNMPTN 2015.

Advertisement
Advertisement

BACA: Passing Grade 25 PTN terbaik di Indonesia 2016

1. Cek tradisi sekolah kamu

Mempertimbangkan tradisi sekolah kamu ini penting. Caranya: minta data senior kamu yang sudah ketrima di PTN, berapa banyak, di PTN mana aja, di jurusan mana aja, dst. Kampus seperti UGM, UI, atau ITB mengincar 2% terbaik (cream of the cream).

Kampus IPB/Undip mengincar 5% terbaik, dan mereka punya database dari SMA mana aja mahasiswa mereka berasal. Kampus-kampus tahu lho mana sekolah yang bener-bener unggulan, mana sekolah yang mengkatrol nilai siswanya supaya diterima di PTN, dan mereka tahu sekali kalau UN itu tiap tahun penuh kecurangan, mereka tahu kok sekolah macam apa yang dipenuhi anak-anak 2% terbaik, atau 5% terbaik, dan sekolah-sekolah yang beli akreditasi A.

Jadi kalo senior kamu mayoritas masuk UGM, ya mending kamu pilih UGM. Bagaimanapun, prestasi kamu di sekolah akan dibandingkan dengan senior kamu yang kuliah disana.

Advertisement

GRATIS: Kumpulan Soal dan Pembahasan SBMPTN 2008-2015 (di sini)

Misalnya senior kamu dulunya rangking 10 di kelas, tapi prestasinya bagus di teknik sipil UGM, (IPK-nya 3,5) sedangkan kamu ranking 3 di kelas dan juga memilih teknik sipil UGM, maka UGM punya “harapan” sama kamu. Dengan demikian, kemungkinan kamu diterima ya lumayan besar.

Nah, sekarang kalau senior gak ada yang masuk kampus tersebut, kamu mau dibandingin sama siapa? Nilai raport kadang tidak terlalu dilihat, nilai 8 di SMA kamu tidak sama artinya dengan nilai 8 di SMA lain. Nilai 8 di SMA 3 Yogyakarta pasti lain artinya dengan nilai 8 di SMA 3 Bali. Jadi, jangan bertindak konyol untuk coba-coba.

2. Buang saja jauh-jauh gosip tidak benar

Banyak gosip yang tidak berkembang tentang SNMPTN 2015. Sebaiknya kamu jangan terlalu permpertimbangkan gosip ini. Misalnya:

a. Anak IPA tidak boleh milih IPS, Anak IPS tidak boleh milih IPA. Banyak buktinya mahasiswa FKG UGM ada yang dari SMA IPS. Setiap tahun, selalu ada anak SMA IPA yang diterima di Akuntansi UGM via undangan/PMDK/tanpa tes dan jumlahnya selalu lebih dari dua. Nah, nilai IPA apa yang dilihat buat masuk Akuntansi UGM? Ga ada kan?

nextpage (penting)

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:

Pages: 1 2


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2