Berita UNY

Published on December 16th, 2016 | by Redaksi

Paparan Program Kerja Para Calon Rektor UNY yang Begitu Oke

Tiga pesan moral sarat makna yang terpampang di gerbang utama Universitas Negeri Yogyakarta yaitu ”Pendidikan Investasi Masa Depan, Taqwa-Mandiri-Cendekia dan Cipta-Rasa-Karsa”. Pesan moral tersebut adalah amanah yang harus dijaga siapapun pimpinan UNY karena akan selalu abadi sebagai pedoman untuk merespon perubahan secara internal kelembagaan dan transformasi eksternal seperti globalisasi.

Advertisement
Advertisement

“Untuk merealisasikannya perlu program strategis sehingga UNY selalu bergerak dinamis yang membawa reputasi dan kontribusi istimewa di tingkat nasional maupun internasional,” tandas Prof Dr Djoko Pekik Irianto MKes dalam rapat terbuka Senat UNY di ruang sidang utama rektorat, kemarin.

Rapat terbuka berlangsung dalam rangka program penyampaian visi misi dan program kerja calon rektor UNY periode 2017 – 2021. Pekik yang juga dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY tersebut mengatakan bahwa tantangan ke depan makin berat dan kompleks sehingga memerlukan SDM yang kompeten serta berwawasan global, memiliki hard dan softskills yang berstandar mutual recognition agreement. ”Sesuai dengan visi UNY 2025, saya merancang tujuh program utama yang disebut sapta karya,” ujarnya.

Tujuh program itu peningkatan kapasitas, pemberdayaan dan apresiasi SDM, pengembangan infrastruktur akademik, optimalisasi manajemen serta akutalisasi unit/lembaga, kemitraan, peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan pengajaran dan penelitian, membumikan dan membudayakan karakter serta pembinaan kemahasiswaan dan alumni.

Advertisement

Acara yang dihadiri Rektor UNY Prof Dr Rochmat Wahab MPd MA, para wakil rektor, dekan, wakil dekan, ketua jurusan dan koordinator program studi serta para mahasiswa menampilkan tiga kandidat yaitu Prof Dr Djoko Pekik Irianto MKes dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, Dr Haryanto MPd dari Fakultas Ilmu Pendidikan serta Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd dari Fakultas Bahasa dan Seni.

Haryanto dalam paparannya menegaskan bahwa dia akan meningkatkan rasio dosen berpendidikan S3 sekaligus meningkatkan pemeringkatan perguruan tinggi seperti Webometric, empat International Colleges and Universities, Dikti dan sebagainya. “Peningkatan prodi tersertifikasi dan terakreditasi internasional juga telah kami rencanakan. Termasuk memperpendek masa studi dan meningkatkan IPK,” tegasnya.

Calon lainnya, Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd menyampaikan bahwa untuk menuju World Class University (WCU), UNY telah memiliki beberapa keunggulan lokal, nasional, regional dan internasional. Desain besar pengembangan UNY menuju WCU menurutnya dimulai dari tahun 2017 dengan akreditasi institusi A dan kerja sama lokal dan internasional.

Selanjutnya tahun 2018 akan disiapkan menuju PTN-BH, tahun 2019 ditargetkan masuk 500 besar Asia Tenggara versi QS, tahun 2020 menjadi PTN-BH dan tahun 2021 menjadi universitas pendidikan kelas dunia.

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2