SNMPTN SBMPTN persaingan sbmptn

Published on May 31st, 2016 | by Redaksi

Panitia SBMPTN 2016 Gunakan Metal Detector untuk Mencegah Kecurangan Peserta

Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dihantui aksi kecurangan para pesertanya. Untuk mengantisipasinya, panitia SBMPTN Panlok 46 Yogyakarta menyiapkan beberapa strategi.

Advertisement
Advertisement

“Ada mekanisme yang disiapkan secara sistematis dalam pembuatan soal sehingga paling tidak menurunkan risiko (kecurangan),” ujar Ketua SBMPTN Panlok 46 Yogyakarta Prof Iwan Dwiprahasto.

Hal ini disampaikan Iwan dalam jumpa pers SBMPTN 2016 di gedung rektorat Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Senin (31/5/2016).

Tak hanya itu, pengawas telah dibekali dengan materi analisis gerak-gerik peserta. “Jadi bisa diketahui dari gerak-geriknya, pengawas sudah bisa mewaspadai. Misalnya (kode) ketukan-ketukan, ” imbuhnya.

Advertisement

Penggeledahan dilakukan pada setiap peserta sebelum masuk ruang ujian. Bahkan di beberapa lokasi, panitia menyediakan metal detector untuk menghindari masuknya alat-alat elektronik maupun alat komunikasi oleh peserta.

“Tapi memang belum di semua tempat. Tapi kami sediakan beberapa karena pengalaman yang sudah-sudah, peserta menyembunyikan ponsel di rok, atau di balik pakaiannya,” jelas Iwan sebagaimana dilansir laman detik.

Rektor UGM Prof Dwikorita menyebutkan bahwa ada ada 1.838 dosen, 2.092 tenaga pendidik, dan 262 orang guru yang menjadi pengawas di Yogyakarta.

Dari 38.854 peserta SBMPTN di Yogyakarta, terdapat 23 peserta berkebutuhan khusus. Telah disiapkan pengawas khusus dan koordinasi dengan keluarga peserta sejak beberapa hari sebelum ujian.

“Mereka terdiri dari 3 orang (2 tuna rungu, 1 tuna daksa) yang ujian di UGM, 8 orang (3 tuna netra, 4 tuna daksa, 1 tuna rungu) di UPN, 10 orang (7 tuna netra, 1 tuna daksa, 2 tuna rungu) mengikuti ujian di UNY, serta 2 orang (1 tuna netra dan 1 tuna rungu) di UIN Sunan kalijaga,” urainya.

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2