Berita Jogja tamansari-yogyakarta

Published on December 27th, 2016 | by Redaksi

Mitos-Mitos Vulgar Sensasional Taman Sari Yogyakarta yang Bikin Terkejut

Tak heran jika di kawasan itu ada pemandu wisata yang mendampingi wisatawan, mereka memberikan pengetahuan kepada pengunjung fungsi bangunan itu pada tempo dulu. Sayangnya cerita-cerita itu ditambahi dengan mitos-mitos tak tepat yang diberikan kepada wisatawan. Apa saja mitos itu?

Advertisement
Advertisement

1. Taman Sari adalah tempat Sultan terdahulu menghabiskan waktu bersama para putri

2. Ada pula mitos yang disebarkan di kawasan itu Sultan melempar bunga ke kolam untuk memilih perempuan mana yang akan diajak (bercinta-red).

3. Ada tempat tertentu yang dimitoskan barang siapa berciuman disana maka hubungan akan langgeng

Pertanyaanya benarkan info yang diberikan itu benar adanya? Penghageng Kraton Yogyakarta, KRT Jatiningrat menegaskan jika fungsi utama Taman Sari merupakan tempat peristirahatan Sultan dan keluarga. Pria yang akrab disapa Romo Tirun membantah info sensasional yang menceritakan Sultan menghabiskan waktu di Taman Sari untuk melihat para putri mandi.

“Wah itu cerita nggak bener dan hanya mencari sensasional kalau diceritakan Sultan ada di bangunan atas Kolam Binangun lalu melemparkan sesuatu, melihat putri-putri mandi dan sebagainya, itu keterlaluan dan nggak bener,” tegasnya dikutip laman¬†Tribun Jogja, Minggu (3/1/2016).

Taman Sari, imbuh Romo Tirun, merupakan tempat peristirahatan Sultan di tengah kejengahannya memikirkan permasalahan yang terjadi di negaranya.

Advertisement

“Bangunan di sana dibangun sedemikian rupa. Sehingga kalau ada bahaya, Sultan dan keluarga yang sedang beristirahat di Taman Sari bisa menyelamatkan diri ke luar kota melalui lorong bawah tanah yang sekarang sudah ditutup,” kata Romo Tirun.

Romo Tirun adalah orang yang seringkali diminta sebagai narasumber pembekalan sejarah Kraton kepada para guide baru mengatakan, patokannya adalah denah. Ketika mereka bisa menguasai denah, mereka akan menjadi guide yang lurus.

Lanjutkan Membaca >

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:

Pages: 1 2


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2