Jogja garis-imajiner

Published on December 28th, 2016 | by Redaksi

Menguak Garis Imajiner Jogja: Merapi, Tugu, Kraton, dan Pantai Selatan

Masyarakat Jogja mengenal garis lurus imajiner yang melintang di Jogjakarta, garis imajiner itu menghubungkan Gunung Merapi, lalu ke Tugu Jogja, Keraton Yogyakarta, dan berakhir di Pantai Selatan. Termasuk jalan yang menghubukannya, juga terletak segaris.

Advertisement
Advertisement

Namun mayoritas publik hanya mengenal 4 elemen garis imajiner ini, yaitu Merapi, Tugu, Keraton & Pantai Parangkusumo. Padahal sebenarnya ada 5 titik yang menghubungkan titik tersebut menjadi sebuah garis imajiner lurus. 1 titik lain yang kerap terlupakan adalah Panggung Krapyak. Jika garis lurus ini bertemu maka ada sebuah makna yang sebenarnya sangat nyambung

1. Gunung Merapi

gunung-merapi

Menduduki posisi penting dalam mitologi Jawa. Diyakini sebagai pusat kerajaan makhluk halus, yakni sebagai tempat para arwah untuk menunggu giliran dipanggil ke surga, atau dikenal sebagai “swarga pangrantunan”.

Advertisement

Gunung yang menjadi batas utara Yogyakarta ini bisa menjadi awal garis lurus imajiner. Kemudian ke selatan, maka akan menemui titik Tugu Jogja.

2. Tugu Jogja

Tugu Yogyakarta

Tugu berada di tengah perempatan Jl. Mangkubumi, Jl, Diponegoro, Jl. AM. Sangaji dan Jl. Jend. Sudirman. Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I atau tepatnya satu tahun setelah berdiri keraton Yogyakarta. Keberadaan tugu ini merupakan patokan arah Sultan dalam melakukan meditasi yang menghadap ke Gunung Merapi.

Bangunan Tugu awalnya tak seperti saat ini. Dahulu Tugu tiangnya berbentuk silinder (gilig) yang mengerucut dan pada puncaknya berbentuk bulat (golong) dengan ketinggian 25 meter dan disebut Golong Gilig yang menggambarkan Manunggaling Kawula Gusti yang berarti pemersatu Rakyat dan Penguasa. Hal ini tidak kebetulan namun keberadaan tugu ini dibangun untuk membangkitkan semangat persatuan dalam melawan penjajah pada masa itu.

Lanjutkan Membaca >

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:

Pages: 1 2


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2