Mahasiswa Anak kost

Published on January 15th, 2014 | by Redaksi

Makanan dan Minuman yang Biasa Dibeli Mahasiswa Jogja

Jogja adalah tempat dimana jutaan anak kos makan, tidur, buang hajat, berkarya dan belajar. Anak kost juga manusia, jadi mereka tentu butuh makan. Berikut makanan dan minuman khas anak kost di Jogja:

Advertisement
Advertisement

1. Nasi Telur

Nasi telur

Nasi Telur tergolong makanan favorit sebagian besar mahasiswa di Jogja. Makanan ini sering dijumpai di warung-warung Burjo (bubur Kacang ijo). Karena Harganya yang terjangkau, Nasi Telur menjadi menu makan spesial di warung burjo. Harganya sekitar 5 ribu Rupiah. Kalau tanggal tua, mahasiswa kreatif biasanya membeli nasi telur bungkus, kemudian begitu sampai kost mereka akan merebus lagi nasi telur itu dengan satu bungkus mie instan sampai menjadi bubur. Hasilnya bisa dipakai untuk makan tiga kali. Hemat.

Advertisement

2. Nasi Sarden

Makanan ini sering dijumpai di warung-warung Burjo(bubur Kacang ijo). Karena Harganya yang terjangkau, Nasi Sarden ini menjadi menu makan spesial di warung burjo. Harganya juga sekitar 5 ribu Rupiah. Tidak berbeda dengan nasi telur, di tanggal tua mahasiswa bisa akan membeli nasi sarden bungkus, lalu memasaknya bersama indomie sampai menjadi bubur. Lumayan, cara ini sangat bisa menekan pengeluaran.

 

3. Mie instan

Makanan ini sering dijumpai di dalam kost masing-masing anak kost. Ada pula di warung-warung Burjo (bubur Kacang ijo). Karena Harganya paling terjangkau, Mie rebus jadi andalan anak kost untuk bisa mencukupi kebutuhan perut mereka. Mie instan adalah menu di saat musim paceklik, yang biasanya terjadi di pertengahan hingga akhir bulan. Derajat mie instan di awal bulan dan di akhir bulan juga berbeda. Kalau di awal bulan, mie instan dikonsumsi sebagai makanan sekunder, atau bahkan makanan tersier. Sementara di awal bulan, mie instan adalah makanan primer.

4. Nasi Penyet

nasi-ayam-penyetMakanan ini tergolong makanan favorit sebagian besar anak kost Jogja kalau lagi banyak duwit. Makanan ini sering dijumpai di kaki lima sepanjang jalanan kota Jogja. Walau lauk dan harganya yang variatif, nasi penyet ini tergolong makanan yang sering diakses ketika lagi banyak uang. Lauk yang paling cepat habis di warung penyetan adalah tempe telur. Entah karena kemampuan daya beli atau hobi, tempe telur penyet setidaknya hingga saat ini adalah makanan penyetan favorit mahasiswa Jogja.

5. Nasi Kucing

angkringan-lik-manMakanan ini tergolong makanan yang sering dikonsumsi sebagian besar mahasiswa Jogja. Makanan ini bisa dijumpai di angkringan-angkringan yang tersebar dipenjuru kota Jogja. Harga nasi kucing di Jogja bervatiatif, dari harga Rp 700,- per bungkus sampai harga Rp 2.000,- perbungkus. Lauk-lauk yang ditawarkan di angkringan juga beragam, dengan harga yang terjangkau. Untuk menyiasati perut lapar di tangal tua, kamu bisa membeli satu nasi bungkus dan satu gorengan, ditambah dua gelas air putih. Cobalah, pasti kenyang.

6. Gorengan

Makanan ini tergolong makanan favorit sebagian besar mahasiswa Jogja. Makanan ini sering dijumpai di semua warung burjo dan angkringan di Jogja. Gorengan biasa disantap saat nongkrong di warung burjo atau angkringan sambil menikmati kopi atau teh. Harga gorengan rata-rata 500 Rupiah per biji, sudah dapat bonus cabe. Dengan uang Rp 2.000,- saja kamu sudah bisa menikmati nikmatnya perut kenyang.

7. Es Teh

Minuman ini tergolong minuman favorit sebagian besar anak kost Jogja. Minuman ini sering dijumpai di semua warung dan ankringan. Harga es teh tergolong paling  terjangkau di antara banyak menu minuman lain. Harganya sekitar Rp 1.000,- sampai Rp 1.500,-. Dengan segelas es teh, kamu bisa menyegarkan tenggorokanmu yang kering harena belum makan seharian, mungkin.

8. Es Jeruk

esjeruk

Minuman ini sering dijumpai di semua jenis warung  di Jogja. Harga es jeruk tidak terpaut jauh dengan es teh, biasanya hanya beda 500 rupiah. Es jeruk ini bisa menjadi minuman spesial saat makan. Kalau membeli es jeruk, jangan lupa minta dicampurkan juga dengan kulit jeruknya, supaya rasa jeruk makin kuat. Ini serius, supaya kamu sebagai konsumen yang terpelajar tidak dirugikan.

 

9. Kopi

kopiMinuman ini tergolong  minuman  favorit sebagian besar anak kost Jogja. Makanan ini sering dijumpai di warung-warung Burjo (bubur Kacang ijo). Karena Harganya yang terjangkau, kopi ini juga ini menjadi minuman spesial di warung burjo. Harganya sekitar 2 ribu Rupiah.

 

 

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags: ,


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2