Jogja kuliner-jogja

Published on December 27th, 2014 | by Redaksi

12 Kuliner Ekstrim Jogja yang Sangat Aneh Tapi Enak

9. Oseng-oseng Mercon

oseng mercon

Advertisement
Advertisement

Diantara makanan ekstrim lainnya, makanan ini yang paling banyak kita jumpai di Jogja. Oseng-oseng mercon bahkan telah menjadi makanan favorit mahasiswa Jogja.

Menu oseng-oseng mercon berisi oseng-oseng dengan tambahan daging sapi. Makanan ini disebut sebagai oseng-oseng mercon karena rasanya yang sangat pedas.

Pedasnya melebihi rasa pedas pada umumnya. Tapi kalau kamu sudah sering diomelin mantan, mungkin oseng-oseng ini akan jadi biasa aja pedasnya.

Advertisement

10. Sate Kuda

sate kudaKambing, ayam, dan sapi sudah lazim diolah menjadi sate. Tapi di Jogja kamu bisa menemukan sate yang berbahan daging kuda. Penjual sate kuda ini cukup banyak. Peminatnya juga banyak.

Ada yang menyukai sate kuda karena rasa dan tekstur dagingnya, ada pula karena khasiatnya. Daging kuda dipercaya bisa menyembuhkan reumatik, asma, dan meningkatkan kejantanan pria (jomblo). Tertarik?

Beberapa warung sate kuda yang terkenal adalah warung sate kuda milik Pak Kuncoro (Jl. Kranggan), Bu Rohmat (Jl. Parangtritis Km 7), Pak Singgih(Pojok Beteng Wetan), dan sate kuda Gondolayu (dekat jembatan Gondolayu/Jl. Jend. Sudirman).

Daging kuda di Jogja biasanya diperoleh dari pemotongan kuda di daerah Segoroyoso, Pleret, Bantul. Satu porsi sate kuda dibandrol dengan harga sekitar 13ribu-20ribu.

11. Ikan Sidat

Ikan sidatPostur tubuh ikan sidat sekilas mirip belut, hanya saja ukurannya lebih besar bahkan sampai 1 meter. Ikan sidat di Jogja sangat jarang ditemukan dan tidak bisa dikembangbiakkan, sehingga warung makan yang menyediakan ikan sidat juga sangat jarang.

Kuliner ini bisa didapatkan di Warung Bu Is, terletak di Jl. P. Purboyo, Kios Warak No.1, Sumberadi, Mlati, Sleman, 1 Km arah utara perempatan Cebongan, Sleman.

Menu ikan sidat dihidangan dalam bentuk rica-rica, sidat goreng, mangut sidat, sidat kukus dan ada beberapa menu lainnya. Warung Bu Is buka dari pukul 9.00 sampai 17.00 sore. Harga per porsi ikan sidat 25ribu. Tekstur ikan sidat sangat lembut, beda dengan ikan-ikan lain.

12. Bacem Kepala Kambing

bacem_kepala_kambingMungkin jarang orang menemukan makanan jenis ini. Karena kepala kambing biasanya diolah menjadi makanan sup. Itu pun jarang.

Kamu bisa mencoba bacem kepala kambing ini di warung bacem kepala kambing yang terletak di belakang pasar colombo (Jl. Kaliurang km. 7). Warung ini sudah sejak 1970an terkenal di Jogja.

Hingga kini telah memiliki pelanggan setia yang banyak. Harga satu porsi bacem kepala kambing sekitar 15ribu.

Itulah 12 kuliner ekstrim Jogja yang patut kamu coba bersama gebetan, lumayan buat menunjukkan kalo kamu orangnya banyak pengalaman.

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags: , , , ,

Pages: 1 2 3


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2