Jogja kuliner-jogja

Published on December 27th, 2014 | by Redaksi

12 Kuliner Ekstrim Jogja yang Sangat Aneh Tapi Enak

5. Kepompong Ulat Goreng

kepompong ulat goreng Tanaman yang cocok di pegunungan kapur daerah Gunung Kidul adalah pohon jati. Pada musim hujan, ketika daun jati bersemi, banyak ulat daun di Gubung Kidul. Hama ulat jati ini oleh warga dimanfaatkan untuk bahan pangan.

Advertisement
Advertisement

Cara memasaknya beragam, ada yang mengukus kepompongnya terlebih dulu, ada pula yang langsung menggoreng kepompong dengan bumbu bawang putih dan garam. Sebagaimana belalang goreng, kepompong goreng ini kurang cocok bagi orang yang mempunyai alergi kulit.

Makanan ini banyak dijumpai di Gunung Kidul, salah satu warung yang terkenal, karena langganan Sri Sultan, adalah di Lesehan Pari Gogo (Mbak Jirak), Wonosari.

6. Swike Katak

swike katakSwike katak adalah salah satu kuliner ekstrim Jogja. Hewan katak ini oleh warung swike disajikan menjadi swike semur, swike saus tiram, swike goreng tepung, dan sebagainya.

Advertisement

Salah satu warung swike yang bisa kamu coba adalah di warung Swike Ny. Teguh, berlokasi di Depan Bank Mandiri Jl.Diponegoro, Yogyakarta. Warung ini buka pukul 18.00-22.00 WIB.

7. Ular, Biawak dan Bulus

kedai tiga daraKetiga hewan itu menjadi andalan Kedai Tiga Dara. Pemiliknya adalah Pak Jun. Ia seorang pawang dan pemburu binatang buas yang telah dikenal seantero Jogja sejak 1974.

Kedai Tiga Dara khusus menyediakan ketiga olahan makanan dari ketiga binatang tersebut. Perlu keahlian khusus untuk memasaknya. Karena kalau salah pengolahan, khasiat penting dari kuliner ekstrim ini akan hilang.

Menu khas yang disajikan oleh Kedai Tiga Dara adalah daging ular goreng, daging ular kuah taoco, empedu ular, daging biawak goreng, biawak kuah taoco, bulus goreng, bulus tim. Sayangnya, kedai di Condongcatur ini sudah tutup. Namun kamu masih bisa memesan melalui telpon 087739413594 (@KedaiTigaDara).

8. Sate Landak

sate landak2

oyibanget.com

Kamu tentu tak pernah terbayang hewan berduri ini dijadikan makanan enak. Konon daging landak ini bermanfaat untuk obat asma, obat hati dan dagingnya non kolesterol.

Buat kamu yang jomblo, kamu bisa mencoba masakan ekor landak sebagai peningkat vitalitas dan daya tahan tubuh. Sate landak bisa kamu dapatkan di sekitar jalan Magelang.

Pemilik sekaligus pengelola rumah makan ini adalah ibu Nur Ika asal Klaten. Satu porsi sate landak dihargai 12.5rb, sate hati Rp. 15ribu, rica-rica landak 15rb, rica-rica buntut 20rb, dan beberapa menu berbahan baku landak dengan harga yang variatif.

Lanjutkan Membaca >

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags: , , , ,

Pages: 1 2 3


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2