Pendaftaran jalur masuk pendaftaran UNY

Published on October 19th, 2015 | by Redaksi

Daftar Jalur Masuk Pendaftaran UNY dan Persyaratan

BACA: Rahasia PTN Loloskan Peserta SNMPTN

Pendaftaran UNY | Salah satu universitas terpandang di Jogja adalah Universitas Negeri Yogyakarta. Tetangga Universitas Gadjah Mada ini selalu mengalami peningkatan jumlah pendaftar.

Advertisement
Advertisement

Tentu saja keadaan ini tak lepas dari kualitas lulusan dan prestasi mahasiswa-mahasiswa UNY. Tak heran kampus UNY banyak dilirik oleh siswa-siswa SMA, sebagai tempat tujuan untuk melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi.

Karena peminat kampus UNY makin banyak, maka pendaftar yang berminat haruslah persiapan semenjak jauh-jauh hari. Untuk mendukung persiapan tersebut, kini Jogja Student sajikan informasi macam macam jalur masuk dan pendaftaran UNY terbaru:

1. Seleksi Mandiri Berbasis Prestasi UNY

Dalam usalan lebih sederhana jalur masuk ini bisa disimpulakan sebagai seleksi masuk yang dilakukan panitia kampus secara mandiri. Melalui jalur ini diharapakan seleksi yang dilakukan efektif menentukan jalur masuk yang telah disebutkan sebelumnya.

Advertisement

GRATIS: Kumpulan Soal dan Pembahasan SBMPTN 2008-2015 (di sini)

Bahwa Seleksi Mandiri berbasi Prestasi dilaksanakan layaknya SNMPTN tetapi secara mandiri dengan sistem tes undangan berdasarkan prestasi anak selama disekolah. Kamu juga dapat melakukan pendaftaran di situs, berikut pemaparan meliputi persyaratan,cara pendaftaran.

Persyaratan Pendaftaran Seleksi Mandiri Berbasis Prestasi UNY

• Memilih program studi D3 atau S1 yang diminati

Daftar program studi dan kelompok dapat dilihat pada Tabel Prodi Daya Tampung dan Animo.

• Membayar biaya pendaftaran

Pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000,00 melalui Bank Mandiri. Prosedur pembayaran dapat dilihat di situs PMB UNY http://pmb.uny.ac.id.

• Login ke situs PMB UNY

Melakukan login ke situs PMB UNY untuk mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah portofolio persyaratan sesuai jadwal.

Cara Pendaftaran Seleksi Mandiri Berbasis Prestasi UNY

Klik menu Ambil Nomor Pendaftaran untuk mengambil nomor pendaftaran Lakukan pembayaran di Bank Mandiri menggunakan nomor pendaftaran.

Klik Pengisian Formulir Pendaftaran:

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Mengunggah portofolio persyaratan pendaftaran (Piagam Prestasi dll.)
  • Mengisi nilai raport dan UN
  • Mengisi Data Sosial Ekonomi Cetak Kartu Peserta, pada kartu harus tercetak foto anda (tidak ditempel sendiri).

2. Seleksi Mandiri Ujian Tertulis

Seleksi ini dilakukan dengan menggunakan beberapa ketentuan. Pada seleksi mandiri ujian tertulis, tidak hanya yang berprestasi saja yang bisa ikut seleksi, tetapi yang tidak pun bisa mengikuti melalui situs resmi pendaftaran UNY.

Kamu dapat melakukan secara online. Untuk lebih jelasnya, Jogja Student akan merangkum dalam beberapa persyaratan dan pendaftaran berikut ini.

  1. Memilih kelompok SAINTEK, SOSHUM, atau CAMPURAN sesuai dengan program studi D3 atau S1 yang diminati. Daftar program studi dan kelompok dapat dilihat pada Tabel Prodi Daya Tampung dan Animo.
  2. Memilih dua program studi D3 atau S1 untuk Kelompok SAINTEK atau SOSHUM dan memilih tiga program studi D3 atau S1 untuk Kelompok CAMPURAN. Untuk kelompok CAMPURAN, pilihan terdiri dari dua program studi kelompok SAINTEK dan satu program studi kelompok SOSHUM atau dua program studi kelompok SOSHUM dan satu program studi kelompok SAINTEK.

Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000,00 untuk kelompok SAINTEK atau SOSHUM, dan Rp 200.000,00 untuk Kelompok CAMPURAN.

Untuk prodi yang mensyaratkan ujian keterampilan, biaya pendaftaran ditambah biaya uji keterampilan sebesar Rp. 75.000,00 per prodi. Untuk prodi FIK ditambah dengan biaya tes kesehatan sebesar Rp. 50.000,00.

Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri. Prosedur pembayaran dapat dilihat di situs PMB UNY.

  • Melakukan login ke situs PMB UNY untuk mengisi formulir pendaftaran sesuai jadwal.
  • Mengikuti tes tulis dan tes khusus (untuk prodi tertentu) sesuai jadwal.

Materi tes tulis dari Seleksi Mandiri Ujian Tertulis

1. Kelompok SAINTEK

Meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bidang Studi IPA (Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika).

2. Kelompok SOSHUM

Meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bidang Studi IPS (Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Sejarah dan Pend. Kewarganegaraan).

3. Kelompok CAMPURAN

Meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bidang Studi IPA dan IPS. Materi tes khusus sesuai dengan spesifikasi prodi masing-masing dan untuk prodi di FIK ditambah tes kesehatan.

Cara Pendaftaran Seleski Masuk Mandiri Ujian Tertulis

Klik menu Ambil Nomor Pendaftaran untuk mengambil nomor pendaftaran Lakukan pembayaran di Bank Mandiri menggunakan nomor pendaftaran. Klik Pengisian Formulir Pendaftaran Cetak Kartu Peserta untuk mengikuti ujian. Pada kartu, harus tercetak foto kamu (tidak ditempel sendiri).

Berikut ini adalah jadwal lengkap dari masing-masing jalur mandiri. Simak selengkapnya Jadwal Pendaftaran dan pembayaran Mandiri Berbasis Prestasi: 2 Juni – 17 Juli. Pengumuman hasil : 25 Juli,Pendaftaran dan pembayaran Mandiri Ujian Tertulis : 2 Juni – 5 Agustus, Ujian Tulis : 10 Agustus Ujian Ketrampilan : 11 Agustus. Pengumuman hasil : 15 Agustus.

3. Seleksi Masuk Nasional Berbasis Prestasi SNMPTN UNY

Selain jalur mandiri, calon mahasiswa juga bisa mengikuti pendaftaran UNY melalui jalur masuk Nasional berbasis prestasi undangan, SNMPTN.

Dalam hal ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan pendaftaran jalur ini hanya bisa dilakukan oleh siswa/i yang berprestasi selama sekolah menengah atas dibuktikan dengan undangan.

Nantinya usename dan pasword yang sudah didapat dari sekolah digunakan mendaftar online melalui situs resmi di snmptn.ac.id silahkan baca petunjuk pendaftaran.

4. Seleksi Masuk Nasional Tertulis SBMPTN UNY

Kalalu jalur ini bisa dibilang dibuka bagi semua lulusan Sekolah menengah atas. Melalui jalur ini diharapkan siswa yang tidak berpestasi dapat mengikuti tes sesuai dengan minat dna kemampuan serta harapan berkualiah di perguruan tinggi negeri indaman.

Seleksi jalur pendaftaran UNY ini dilakukan dengan menggunakan sistem tertulis. Untuk melakukan pendaftaran dan beberapa ketentuan lain, kamu dapat mengakses cara pendaftaran online dan mekanisme yang bisa dilakukan melalui situs resmi di SBMPTN.

5. Seleksi Masuk Beasiswa Bidik Misi UNY

Mungkin ada sebagian orang yang belum tahu ada jalur masuk beasiswa yang diperuntukan bagi keluarga kurang mampu tetapi memilki prestasi selama di sekolah.

Tujuan diadakannya jalur ini adalah untuk mewujudkan mimpi anak negeri yang tidak memiliki biaya melanjutkan sekolah. Melalui jalur masuk ini, diharapakan siswa dapat mewujudkan cita-citanya.

Jangan pikirkan masalah biaya, yang penting daftar dulu karena setelah lulus kamu bisa kuliah dengan biaya beasiswa yang diberikan pemerintah. Program bidik misi diperuntukan bagi yang kurang mampau.

Untuk mengikuti jalur ini, ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan. Secara lengkap, ikuti mekanisme pendaftaran melalui situs resmi Bisikmisi.

 

Itulah beberapa jalur masuk dan penfaftaran UNY.

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags: , , , ,


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2