SNMPTN SBMPTN GSP UGM

Published on May 17th, 2016 | by Redaksi

Inilah Besaran Nominal UKT Maba UGM 2016

UKT Maba UGM | Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Iwan Dwi Prahasto mengatakan, penentuan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar mahasiswa baru (maba) ditentukan dengan melihat penghasilan orang tua. Jumlah tanggungan kepala keluarga juga menjadi perhitungan.

Advertisement
Advertisement

“Saat melakukan registrasi, calon mahasiswa UGM mengisi biodata yang di dalamnya juga harus menyebutkan gaji orang tua. Setelah diisi, secara otomatis sistem kami akan memprosesnya dan akan keluar besaran UKT yang harus dibayarkan. Apakah UKT 0, 1, 2 atau 3, 4, 5, 6,” ungkapnya, pada Senin (16/5/2016) dalam temu media membahas UKT di University Club UGM.

biaya-kuliah-ugm

ugm.ac.id

UKT 0 artinya mahasiswa tidak perlu membayar, UKT 1 besarannya Rp500.000 per semester, UKT 2 Rp1 juta per semester. Sedangkan UKT 3-6 besarannya disesuaikan dengan Prodi yang ditempuh mahasiswa. UKT sendiri merupakan biaya kuliah yang dibayarkan per semesternya sampai mahasiswa dinyatakan lulus.

Advertisement

Namun, sambung dia, UGM memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengajukan penurunan UKT, apabila ada mahasiswa atau orang tua yang keberatan dengan penetapan UKT. Penurunan sendiri ada dua jenis yakni bersifat tetap dan bersifat sementara.

“Kita tidak selalu tahu soal kondisi keuangan keluarga, bisa jadi sekarang mampu besok tidak, atau sebaliknya dari tidak mampu menjadi mampu. Karena itu kami membuka pengajuan penurunan maupun peningkatan UKT, dalam hal ini, yang utama adalah kejujuran, selain itu kami juga melakukan verifikasi,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan UGM Senawi mengungkapkan, selama 2015 lalu, terdapat 717 permohonan mahasiswa terkait penurunan UKT. Pada 2015 ada 415 mahasiswa yang mengajukan permohonan penurunan UKT. Semua pengajuan ini diterima, setelah dilakukan verifikasi oleh universitas.

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags: ,


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2