Mahasiswa kecurangan-mahasiswa

Published on October 14th, 2016 | by Windy Novelia

Ini 7 Kecurangan yang Sering Dilakukan oleh Mahasiswa, Jangan Ditiru!

Banyak yang berpendapat menjadi mahasiswa adalah masa di mana kamu dapat memutuskan banyak hal sendiri. Masa-masa ini mengharuskan kamu mulai mandiri dan bersikap lebih dewasa. Banyak hal juga yang harus kamu putuskan yang berkaitan dengan kampus. Misalnya, mau berangkat kuliah atau nggak.

Advertisement
Advertisement

Kalau zaman SMA kebanyakan masih di rumah, jadi masih selalu dalam pantauan orangtua. Sementara ketika kuliah, kita punya jadwal yang jauh berbeda dengan ketika sekolah. Banyak hal lebih mungkin untuk dimanipulasi dengan kecurangan.

Kamu yang mahasiswa atau pernah menjadi mahasiswa pasti pernah melakukan kecurangan-kecurangan berikut ketika kuliah. Paling tidak melihat praktik kecurangan berikut di sekeliling kamu.

1. Titip Absen

titip absen

Advertisement

Titip Absen (TA) sudah menjadi bagian dari budaya mahasiswa di Indonesia. Hal ini dilakukan salah satunya untuk tetap bisa ikut ujian semester dan tidak dikeluarkan dari kelas oleh dosen karena banyak absen bolong. Biasanya sih, akan saling gantian TA, biar adil. Seperti yang diungkapkan Dwi Asri Ani, salah satu mahasiswa di Yogyakarta ini mengaku sering bergantian TA dengan temannya.

“Sering dititipin TA, tapi sering nitip juga sih. Kan biar adil, hehe.” Ungkap Ani sebagaimana dikutip laman brilio.net Jum’at (14/10).

2. Copy-Paste

duniaonme.blogspot.com

Ada tugas tapi lupa dan malah pergi main. Begini kelakuan beberapa mahasiswa, solusi cepatnya dengan copy paste tugas. Kebiasaan buruk ini sudah menjadi tradisi untuk kalangan mahasiswa. Seringkali juga ketahuan Dosen, tapi tetap saja banyak yang copy-paste.

3. Plagiarisme

precociouslynaive.blogspot.com

doc: precociouslynaive.blogspot.com

Sebenarnya, batasan plagiarisme sendiri belum bisa dijabarkan dengan pasti. Tapi, kalau kamu mengutip kata-kata di skripsi teman kamu, misalnya, tanpa mencantumkan nama mereka, praktik ini bisa dikatakan plagiat.

Menurut Dr. Wiyatmi, M.Hum, dosen jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, banyak mahasiswa masih melakukan praktik plagiarisme. “Masih sering saya menemukan praktik plagiarisme. Ada yang melakukannya karena kepepet dan ada yang tidak paham kalau dia sudah melakukan plagiat,” ungkapnya.

4. Nitip nama doang di tugas kelompok

o2indonesia.wordpress.com

doc: o2indonesia.wordpress.com

Ketika kuliah pasti ada teman kalian setiap tugas kelompok cuma numpang nama tapi nggak ikut menyelesaikan tugasnya. Banyak tipe mahasiswa seperti ini, pas yang lain ngerjain dia sibuk main gadget atau ngobrol ngalor-ngidul. Kamu jangan menjadi tipe ini ya, nanti cuma temen kamu saja yang pintar lho.

Lanjutkan Membaca >

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:

Pages: 1 2


About the Author

Windy Novelia

Seonggok lemak yang memuja semua jenis kebahagiaan | Mahasiswa UNY



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2