Komunitas Hijab Jogja

Published on April 27th, 2015 | by Muhammad Nafi'

Hijabers Community Yogyakarta, Ruang Kumpul Perempuan Berhijab

Komunitas-komunitas wanita berjilbab banyak berdiri kota-kota besar Indonesia. Di Jogja, ada sebuah komunitas bernama Hijabers Community Yogyakarta (HCY). Komunitas yang sebelumnya bernama Hijabi YK, terbentuk ketika pertemuan beberapa muslimah di twitter yang ingin ngumpul bareng sesama hijabers, hingga akhirnya komunitas ini diresmikan 13 Februari 2011.

Advertisement
Advertisement

Kina, salah satu pendiri HCY sekaligus Ketua HCY menuturkan HCY dibentuk sebagai forum sharing sesama Hijabers untuk bersama memantapkan hati berhijab dan berbagi cerita tentang penolakan lamaran kerja dikarenakan hijab, kemudian hijab dibilang kampungan dan lain-lain.

Namun tak hanya sampai disitu, HCY juga mempunyai kegiatan yang sangat bervariasi, yaitu tutorial hijab, photography, seminar kanker payudara, seminar kanker serviks, fashion show untuk mengenalkan tren busana jilbab, kunjungan ke panti asuhan yang rutin dilaksanakan hampir 2 atau 3 bulan sekali, hingga kegiatan khusus anggota diantaranya adalah Sunday Fun yang diadakan setiap 2 minggu atau sebulan sekali.

Seriring berjalannya waktu, tawaran kerjasama juga banyak menghampiri komunitas ini. Seperti waktu itu ada tawaran aksi damai bareng Sri Sultan dan partisipasinya di Jogja Fashion week.

Advertisement

“HCY bukan sekedar hanya komunitas fashion, karena di setiap acara, kita selalu menganjurkan dresscode dengan jilbab menutup dada, memakai baju longgar, dan tidak boleh mengenakan celana jeans ketat. Diharapankan juga komunitas ini berlanjut terus dan bisa menginspirasi perempuan muslim di Jogja. Jangan takut bereksplorasi dengan jilbab. Karena jilbab tidak menutup kita untuk tetap modis., Pakailah senyaman mungkin. PD aja dan terjang,” begitu ungkap Kina.

Untuk para hijabers yang ingin bergabung, cukup mudah, ya penting sudah memantapkan diri menggunakan jilbab, sudah bisa masuk menjadi anggota HCY. Namun, untuk menjadi member resmi, harus mendaftarkan diri di BRI Syariah atau datang langsung ke acara HCY.

Biaya administrasi yang kenakan senilai Rp 100.000. dengan perincian Rp50.000 saldo, Rp 25.000 asuransi, Rp 25.000 ribu lagi biaya administrasi. Nantinya member HCY akan mendapatkan kartu BRI syariah dengan logo Hijabers Community dan bisa mendapatkan discount di tempat-tempat tertentu, misalnya di butik House of Dina, Snap Café, Warung Penyetan dan lain-lain.

“Asal wanita muslimah tersebut memakai jilbab dia bisa menjadi anggota Hijabers Community Yogyakarta. Apakah seorang pelajar, ibu rumah tangga, pegawai kantor, atau lainya tidak masalah. HCY terbuka untuk semua umur dan profesi,” sebagaimana dilansir dalam blog komunitas bermotto “Proud To Be Muslimah” ini.

Kini HCY telah beranggota sekitar 2000 members dengan hampir 10.000 followers di akun twitter @HijabersCommYOG dan sekitar 40.000 fans di fanspage akun facebook “Hijabers Community Yogyakarta. ”Saya senang sekali bisa bergabung dengan komunitas ini, karena komunitas ini punya warna baru dan juga memberikan banyak pengalaman bagi saya. Komunitas ini mampu mengispirasi wanita lainnya untuk berbuat kebaikan,” ujar Kiky salahseorang anggota komunitas.

Alamat :
Rumah Muslimah Hijabers Community Yogyakarta
Jl. Cendrawasih No. 32 Lt.2, Demangan Baru
Yogyakarta 55283
Twitter : @HijabersCommYOG
Facebook Fanpage : Hijabers Community Yogyakarta
Site : http://hijaberscommunity-yog.blogspot.com

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:


About the Author

Muhammad Nafi'

Komunikasi UGM. Baladewa, Dewa yang 19. Bisa disapa melalui @nafek18



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2