Berita Jogja gedung-agung

Published on January 4th, 2017 | by Redaksi

Ketika Depan Gedung Agung Sering Dikencingin Orang, Huek Pesing Deh…

Gedung Agung yang merupakan tempat singgahnya Presiden Indonesia ketika di Jogja tampaknya dipandang sebagaian orang laiknya kamar mandi. Sebab, ketika malam tiba banyak orang yang kencing sembarang di pagar Gedung Agung bahkan kadang sengaja diarahkan ke halamannya.

Advertisement
Advertisement

Pemandangan tersebut kerap dijumpai oleh Kapolsek Gondomanan, Kompol Heru Muslimin ketika patroli malam hari.”Saya sering mendapati orang mengencingi Gedung Agung, ya saat patroli,” katanya yang dilansir laman Beritajogja.id, Kamis (25/6).

Kebanyakan orang kencing sembarangan di sana pada malam hari atau dini hari. Mereka pun memilih spot gerbang sebelah selatan yang memang sepi dan jauh dari pantauan orang.

Dia pun mengaku sempat beberapa kali mengabadikan aksi-aksi tak bertanggung jawab tersebut dengan memotret dengan kamera handphone. Beberapa diantara pelaku langsung ditegurnya, kadang juga ada yang dibawa ke Polsek Gondomanan.

Advertisement

BACA JUGA: 5 Janji Sultan Pada HB IX Sebelum Naik Tahta

“Yang tertangkap kita amankan dan berikan pemahaman, banyak mereka kadang dalam kondisi mabuk. Ini yang memang kita waspadai,” tandasnya.

Gedung Agung ini juga jadi saksi peristiwa penting seperti pelantikan Panglima Besar Jenderal Soedirman pada 3 Juni 1947 dan sempat jadi sasaran penting Belanda ketika Yogyakarta diinvasi Agresi Militer II, 19 Desember 1948.

Gedung Agung kembali digunakan Presiden Soekarno pada 6 Juli 1949 pasca-“Yogya Kembali” hingga 28 Desember 1949, seiring Ibu Kota yang dipindah ke Jakarta.

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2