Komunitas kelas pagi yogyakarta @kelaspagiyogya

Published on May 13th, 2015 | by Fajar Nurmanto

Belajar Motret bareng Kelas Pagi Yogyakarta

Bagi kamu pecinta fotografi yang sedang ingin belajar dan mendalami ilmu, wajib bergabung ke komunitas ini. Apalagi di sini kamu akan mendapatkan pengalaman belajar bersama dengan para ahli foto.

Advertisement
Advertisement

Sebut saja Anton Ismael, Nana Je Justina, Berto Gesit, dan Doni Maulistya. Komunitas Kelas Pagi Yogyakarta terbentuk dari pengamatan terhadap iklim sosial dan budaya Yogyakarta. Iklim Sosial dan Budaya yang dimaksud adalah keadaan heterogen serta egaliter yang ada di tiap sudut kota Jogja.

Pada awalnya, Kelas Pagi dirintis oleh Anton Ismael pada awal 2006 di Jakarta. Keanggotaannya bersifat terbuka, yang berarti siapa saja boleh bergabung. Awal dinamakan Kelas Pagi juga mempunyai cerita unik sendiri.

Penamaan itu dikarenakan Kelas Pagi dimulai dari pukul enam sampai sepuluh pagi hari. Pukul enam sampai sepuluh pagi tersebut dipilih karena dirasa peserta dan mentor akan memiliki waktu luang sebelum melakukan aktivitas rutin hariannya, sehingga dapat berkumpul bersama.

Advertisement

Kelas Pagi di Yogyakarta baru dimulai setelahnya, yaitu pada tahun 2009. Asalnya dari obrolan ringan antara Anton Ismael dan Nana Je Justina. Mereka melihat keadaan Yogyakarta yang memiliki beragam budaya dan pergaulan sosial “kere hore” atau kata lainnya egaliter. Obrolan tersebut adalah awal benih terbentuknya Komunitas Kelas Pagi Yogyakarta, yang biasa disingkat KPY.

Ketika KPY pertama kali berdiri, ia kembali harus beradaptasi dengan keadaan lokal Yogyakarta. Kondisi lokal Yogyakarta pastilah berbeda dengan Jakarta sana. KPY perlu membaca kembali, apa sih yang sebenarnya dibutuhkan dari anggota komunitas di Yogyakarta.

Hal ini dikarenakan anggota di Yogyakarta pastilah memiliki perlakuan pengelolaan, alur kegiatan, semangat, juga materi dan kurikulum yang berbeda. Maka KPY resmi terbentuk pada Bulan Mei 2009 oleh Anton, Nana, Ivan Napitupulu, Budi Dharmawan, Berto Gesit, dan Vindra Kirana.  Kegiatannya diawali di Oktober 2009.

Tertarik bergabung? Coba cek dulu KPY melalui media sosialnya. Akun twitter KPY ada di @kelaspagiyogya dan juga memiliki grup Facebook KPY. Oh, iya semenjak berkegiatan pada Oktober 2009, KPY sekarang sudah memiliki lima angkatan. Mari belajar motret!

Foto: kelaspagiyogyakarta.com
Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:


About the Author

Fajar Nurmanto

Penulis dapat kamu temui untuk berbincang, kapanpun di @yojarto atau [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2