Mahasiswa bem-uny

Published on November 22nd, 2016 | by Fajar Nurmanto

Apa Pentingnya Jadi Aktivis Kampus?

Mungkin juga kisah cinta aktivis kampus selalu berakhir pahit. Apalagi kalau pasangan sudah mengenal enaknya gaji berlipat di atas UMR atau melihat berapa cicilan KPR yang harus dibayar. Tetapi paling tidak, manisnya cinta sudah sempat dicecap aktivis.

Advertisement
Advertisement

Namun kalau boleh menawarkan pandangan yang lebih adil, sebaiknya kita mengurai sosok aktivis. Ada yang memaknai aktivis sebagai predikat, label yang disematkan lingkungan sekitar. Ada juga yang bilang aktivis adalah gaya hidup. Bisa juga diartikan hidup yang gaya, gaya alias sok-sokan sebagai aktivis. Apapun itu semuanya adalah pilihan yang dibuat oleh seorang individu.

Mungkin sebaiknya kita melepaskan terlebih dahulu titel sebagai aktivis dan stereotip yang melingkupinya. Gak ada individu, gak ada aktivis. Maka inti pembahasan dalam perihal ini adalah individu itu sendiri.
Mau lulus cepat, nggebet teman sekampus, aktif dalam kegiatan, dan lain sebagainya adalah kegiatan. Kegiatan yang dilakoni oleh individu. Gak ada hubungannya dengan aktivis.

Ada satu metode yang bagus dari para wirausahawan untuk meraih sukses. Metode itu adalah ATM alias AMATI-TIRU-MODIFIKASI. Pada level pengertian paling mudah untuk dimengerti dan dilaksanakan adalah ambil yang bagus lalu buang yang jelek.

Advertisement

Jadi bila kegiatan aktivisme terlihat menarik maka lakoni saja. Gak usah ragu dengan kabar burung yang beterbangan dan hinggap di telinga. Sukses atau tidak dalam aktivisme dan dimensi kehidupan lainnya adalah pilihan yang bisa kita pilih. Jalani dengan sungguh-sungguh, sepenuh hati, dengan menyeimbangkan kehidupan aktivisme dan tuntutan lain. Niscaya kepuasan batin terpenuhi pun prestasi mumpuni.

Jadi, buat apa ragu untuk mengambil jalan aktivis?

Cover illustrasi by BEM UNY

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:

Pages: 1 2


About the Author

Fajar Nurmanto

Penulis dapat kamu temui untuk berbincang, kapanpun di @yojarto atau [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2