Jogja Gedung Kampus Jogja

Published on May 16th, 2015 | by Muhammad Nafi'

8 Plesetan Nama Kampus Jogja yang Kocak Melegenda

Mahasiswa Jogja itu ahli dalam gojek kere. Nama kampus pun tak luput jadi bahan bercandaan, kemudian muncul lah beberapa plesetan nama kampus Jogja. Tapi bukan berarti mahasiswa Jogja tidak bangga dengan kampusnya.

Advertisement
Advertisement

Gojekan ini biasanya terjadi hanya sebatas kelakar sebatas lalu yang tidak terlalu dianggap serius. Lha iya, masak bercandaan diseriusin. Inilah beberapa plesetan nama kampus di Jogja;

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada punya sederet nama plesetan. Maklum, UGM adalah kampus paling terkenal di Jogja. Salah satu plesetannya UGM adalah Universitas Golek Morotuo. Golek morotuo artinya mencari mertua, yang juga berarti mencari calon pendamping hidup.

Ada yang menyebut UGM sebagai Universitas Gedhe Mbayare, yang berarti mahal biayanya. Karena memang biaya kuliah di kampus kerakyatan ini sudah semakin mahal, tidak seperti dahulu kala. Ada juga plesetan Universitas Gejayan Mengulon. Gejayan Mengulon berarti sebelah barat jalan Gejayan.

Advertisement

Selain plesetan di atas, UGM disebut juga sebagai Universitas Gambar Matahari. Ini bukan lelucon, memang filosofisnya lambang UGM dibuat seperti matahari di mana pusat lambang berupa surya atau matahari yang berlubang dan memancarkan sinar dalam bentuk lima kesatuan kumpulan sinar.

Kemudian, karena banyaknya acara mantenan/nikahan di UGM, muncullah plesetan nama kampus Universitas Gedung Manten. Hampir tiap hari minggu, kalau kamu masuk ke UGM, kamu akan melihat beberapa gedung seperti Grha Sabha Pramana, UC UGM, Wisma Kagama, atau Masjid Kampus disewakan untuk resepsi pernikahan. Tapi, semua itu hanya plesetan kok, tapi ya kalau dipikir-pikir ada benernya juga.Hehe.

2. UIN Sunan Kalijaga

“Kuliah di mana, Mas?” tanya seorang mahasiswi baru pada seorang mahasiswa kalem di sebelahnya. “UI, Mbak,” jawab si mahasiswa dengan percaya diri. “Woh keren dong!” puji si Mbak mahasiswi. “Jelas, Mbak.

UI Negeri Sunan Kalijaga sih nama lengkapnya,” imbuh mas-mas itu sambil tetep kalem. Kemudian hening. Begitulah sejarah asalmula plesetan nama kampus UI Negeri Sunan Kalijaga. Menurut teman fiktif saya.

Karena UIN Sunan Kalijaga biasa disingkat UIN Suka, ada juga yang menyingkatnya dengan nama UIN Sukijo, yang berasal dari nama Sunan Kali Jogo (Sunan Kali Jaga). Mungkin, dan hanya mungkin, singkatan UIN Sukijo ini lebih membumi di kalangan mahasiswa daripada nama UIN Suka.

Maklum, proporsi mahasiswa yang berbahasa Jawa adalah mayoritas di kampus UIN. Tapi, bisa juga singkatan ini menunjukkan betapa tidak apa-apa untuk menjadi ndeso. Singkatan UIN Sukijo pun sama merdunya dengan UIN Suka. Asal, tidak berniat menghina lho ya.

3. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia pun punya beberapa plesetan. Kampus yang terletak di kira-kira KM 14 Jakal ini kadang disebut Unpad-nya Jogja. Yah, Unpad atau Universitas Paling Adhem.

Lokasi UII memang dekat dengan Kaliurang yang memang adhem alias dingin banget. Kalau nggak percaya, coba deh mampir di UII pas malem, sendirian, waktu hujan, dan ga ada payung pula. Dijamin adhem.

Ada juga yang membuat plesetan nama kampus UII jadi singkatan Universitas Iseng-Iseng (berhadiah) dan Universitas InsyaAllah Islami. Kedua plesetan tersebut memiliki arti sederhana. Kalau kamu lagi main ke kampus UII atau kuliah di sana, coba iseng-iseng cari gebetan, pacar atau calon istri yang islami di kampus UII.

Di sana kamu akan menemukan banyak bidadari berkerudung nan rupawan dan baik hati. Iseng-iseng main, iseng-iseng lirik kanan kiri cari gebetan, kalau jodoh kan gak kemana. Tapi jangan iseng-iseng mainin perasaan anak orang.

4. Universitas Negeri Yogyakarta

Tau tokoh si Unyil? Bukan, bukan kawan dari Pak Ogah. UNYIL adalah plesetan dari Universitas Negeri Yogya. UNYIL adalah singkatan dari Universitas Negeri IKIP Lama (Unyil). Agak maksa sih, tapi memang bener, sebab dulunya UNY bernama IKIP Yogyakarta. Ada juga yang bilang, UNY adalah Universitas Ngapak Yogyakarta.

Mengapa disebut ngapak? Konon karena di kampus ini banyak ditemui mahasiswa yang pakai bahasa ngapak asal Jawa Tengah.

(halaman 2)

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags: , , , , , , ,

Pages: 1 2


About the Author

Muhammad Nafi'

Komunikasi UGM. Baladewa, Dewa yang 19. Bisa disapa melalui @nafek18



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2