SNMPTN SBMPTN pengumuman sbmptn

Published on June 28th, 2016 | by Redaksi

721 Ribu Pelamar, Hanya 98 Ribu yang Diterima SBMPTN

Saat yang ditunggu-tunggu 721.314 orang pelamar seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) 2016 segera tiba. Selasa siang (28/6) panitia akan mengumumkan kelulusan SBMPTN secara online. Peserta yang diterima SBMPTN dihimbau untuk mencermati ketentuan daftar ulang di masing-masing kampus tujuan.

Advertisement
Advertisement

Koordinator Pokja Humas SBMPTN 2016 Bambang Hermanto menuturkan pelamar SBMPTN tahun ini tercatat lebih banyak dibanding dua edisi sebelumnya. Pada SBM PTN 2014 jumlah pelamar tercatat 664.509 orang. Kemudian di SBM PTn 2015 jumlah pesertanya terekam ada 693.185 orang.

Baca: Catat! Situs Pengumuman SBMPTN 2016 kalau Pengumuman.sbmptn.ac.id Error

Sementara itu kuota mahasiswa baru dari jalur SBMPTN tahun ini dipatok 98.296 kursi. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan daya tampung jalur SBMPTN 2015 yang mencapai 115.788 kursi. ’’Daya tampung SBM PTN 2016 yang 98 kursi itu sifatnya masih sementara. Bisa bertambah saat pengumuman Selasa nanti,’’ katanya kemarin.

Ketua Umum SBM PTN 2016 Rochmat Wahab menuturkan seperti biasanya data tampung SBM PTN sangat mungkin bakal mekar dari ketetapan awal. Sebab daya tampung SBM PTN bakal bertambah dari kuota tidak terisi jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN).

Advertisement

Rochmat mengatakan ada siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN, tetanya tidak daftar ulang. Sehingga kursinya diluncurkan untuk menambah daya tampung SBMPTN.

Rochmad mengingatkan pelamar yang lulus SBMPTN supaya mencermati ketentuan daftar ulang. ’’Masing-masing kampus memiliki syarat daftar ulang yang beda-beda,’’ jelas rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu.

Dia tidak ingin kelulusan SBMPTN yang mati-matian diperjuangkan, akhirnya gugur gara-gara tidak daftar ulang.

Kepala Humas Universitas Indonesia (UI) Rifelly Dewi Astuti mengatakan total pelamar SBM PTN di kampusnya mencapai 67.136 orang. Sementara daya tampung jalur SBM PTN hanya sekitar 1.900 kursi. ’’Sehingga persaingannya memang ketat,’’ tutur dia.

Jurusan paling favorit untuk kelompok ujian eksakta adalah prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran. Sedangkan di kelompok ujian sosial humaniora (soshum), jurusan paling favorit adalah prodi hukum Fakultas Hukum. Rifelly mengatakan ketentuan teknis daftar ulang bagi pelamar yang dinyatakan lulus SBMPTN bisa dilihat di website penerimaan.ui.ac.id.

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2