Berita pemilihan-rektor-umy

Published on September 28th, 2016 | by Redaksi

4 Bakal Calon Bersaing Jadi Rektor UMY

Terdapat empat nama bakal calon rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk periode 2016-2020. Salah satunya Bambang Cipto yang merupakan incambent. Tiga pesaingnya, Ahmad Nurmandi, Gunawan Budiyanto, dan Mukti Fajar Nur Dewata.

Advertisement
Advertisement

Ketua Panitia Penjaringan Balon Rektor UMY, Trisno Raharjo mengatakan, keempat nama itu ditetapkan sebagai bakal calon rektor UMY setelah rapat senat pada Jumat 23 September 2016. Rapat senat itu dihadiri 42 anggota. Sementara 12 anggota senat tidak hadir dengan memberi izin resmi.

“Sebelumnya ada enam nama, kemudian mengerucut menjadi empat. Empat nama ini yang resmi ditetapkan sebagai bakal calon rektor UMY,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (27/9/2016).

Empat nama itu dipilih oleh 42 anggota senat universitas. Dalam rapat itu juga turut dihadiri pengurus Badan Pembina Harian (BPH) UMY. Mereka juga melihat proses pemilihan balon rektor yang cukup demokratis.

Advertisement

“Dari empat nama balon itu diserahkan ke pimpinan wilayah Muhammadiyah DIY untuk meminta pertimbangan. Kami masih menunggu rekomendasi dari pimpinan wilayah Muhammadiyah,” katanya.

Menurutnya, rekomendasi dari PWM DIY lebih memperkuat, apakah keempat nama itu mendapat rekomendasi atau sebaliknya. Setelah nanti menerima balasan dari PWM, pihak panitia pada 20 Oktober akan kembali melakukan pemilihan calon rektor definitif dari empat menjadi tiga nama.

“Hasil dari pemilihan senat nantinya, menetapkan tiga nama. Tiga nama itu dikirim ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Majelis Dikti PP Muhammadiyah,” katanya.

Tiga nama yang disodorkan, akan dipilih salah satu sebagai Rektor UMY. Jadi, yang menentukan siapa rektor UMY berikutnya bukan panitia, tapi Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah. “Merekalah yang kemudian memilih dan menetapkan rektor definitif dari ketiga nama yang kami ajukan,” tutupnya.

Suka artikel ini?
Advertisement
Advertisement Suka artikel ini?

Tags:


About the Author

Redaksi

Tim redaksi jogjastudent.com | Portal informasi Mahasiswa Yogyakarta, email: [email protected]



Back to Top ↑

error: Content is protected !!
UA-51666407-2